You are here
Home > Berita > Pembukaan Perkemahan HSN 2018 SAKO Ma’arif NU

Pembukaan Perkemahan HSN 2018 SAKO Ma’arif NU

Lakpesdam News

Sebanyak 500 peserta yang terdiri dari siswa-siswi SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA se Kota Metro dan beberapa dari luar Metro mengikuti pembukaan Perkemahan Hari Santri yang berlangsung di Lapangan Mulyojati Kecamatan Metro Barat, Sabtu (20/10) sampai Senin (22/10) yang dilaksanakan oleh Satuan Koordinasi (SAKO) Pramuka Ma’arif Kota Metro.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian memperingati Hari Santri Nasional (HSN) ke 3 yang jatuh pada 22 Oktober 2018 mendatang.

Kemah Santri ini dibuka oleh PC NU Kota Metro, KH. Ali Qomaruddin. Dalam sambutannya, mengatakan bahwa “Perkemahan Hari Santri bertujuan untuk saling menghargai dan menghormati antar santri, dengan itu akan muncul nilai kemanusian dan kesetaraan. Sejarah mencatat betapa pentingnya nilai-nilai Kepanduan untuk membina kuatnya mental dan jiwa para santri”.

Selain itu peringatan Hari Santri Nasional (HSN) untuk mengenang, meneladani, dan melanjutkan perjuangan ulama dan santri, sehingga perlu peneguhan Peran Santri dalam Bela Negara, Menjaga Pancasila, dan NKRI”.

Perkemahan Hari Santri dibuka dengan ditandai pemotongan pita oleh Ketua PC NU Kota Metro didampingi jajaran PC LP Ma’arif NU dan Pengurus Pramuka di Satuan Pendidikan.

Ketua Panitia Perkemahan Hari Santri, Ihwan Aziz Q, M.Pd.I., mengatakan, “Kegiatan kemah ini diisi dengan berbagai kegiatan di antaranya perlombaan PBB, Senam Simapore, Sandi, Pentas Seni, Hasta Karya, Mewarnai, Desain Grafis, Pionering, Tata Boga, Pidato, dan Sains tingkat SMA SMP dan SD. Serta pemberian materi tentang Ke-NU-an dan Islam Ke-Indonesia-an serta urgensi Hari Santri Nasional”.

Ketua SAKO Pramuka Ma’arif Ujang Kartono, MM., menambahkan “Selain kegiatan lomba dan materi bagi peserta perkemahan, akan dilaksanakan Istighazah Kubro yang akan diikuti tidak kurang 3000 santri dari berbagai pondok pesantren di Kota Metro Minggu malam (21/10)”. [CH]

Share

Leave a Reply

Top