You are here
Home > Berita > Stadium General: Dr. Muhammed Saad Al Syawy Riad Saudi Arabia

Stadium General: Dr. Muhammed Saad Al Syawy Riad Saudi Arabia

Lakpesdam News

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) menggelar Stadium General tentang Penguatan Maharah Kalam Melalui Visiting Native Speaker. Hadir sebagai Narasumber utama Dr. Muhammed Saat Al Syawy dari Universitas Riad Saudi Arabia di Aula IAIMNU Metro hari ini, (Rabu, 18 April 2018) .

Tidak kurang dari 300 audien antusias hadir dari berbagai lapisan civitas akademika, Pimpinan, Dosen dan Mahasiswa baik dari Prodi PBA maupun prodi umum.

3

Rektor IAIM Dr. Mispani, M.Pd.I menyampaikan Ahlan Wa Sahlan (selamat datang) kepada Dr. Muhammed Saad Al Syawy selaku Dosen Universitas Riad Saudi Arabia. Beliau juga menyampaikan tanggapan positif digelarnya agenda hari ini sebagai penguatan dua bahasa (bilingual) Arab dan Inggris di kalangan Prodi PBA dan PBI.

Dr. Muhammed Saad Al Syawy menyampaikan dalam pembelajaran bahasa Arab, terdapat 4 metode, 1) Al Kalamulul Qosir: berbicara singkat dengan kata-kata pendek dengan langsung, 2) Al muwajah, berbicara dengan apa yang dilihat, 3) Berbicara dengan ungkapan dan lawan bicara, dan 4) Bi Takbir, dengan rangkaian kata-kata panjang.

2

Yang harus dimiliki oleh Dosen dan Mahasiswa adalah 4 maharah (keahlian), kalam (speaking), istima’ (listening), qira’ah (reading), kitabah (writing). Kelemahan orang Indonesia terletak pada makharijul huruf (pelafalan huruf), dan pelafalan panjang dan pendek, karena beda membaca beda arti.

Dalam metode mengajar Bahasa Arab jangan ada dua bahasa (lugho fi lughotain), artinya jangan ada bahasa penerjemah selaian bahasa Arab, baik Indonesia atau bahasa daerah.

4

Menyikapi yang disampaikan pemateri, Kepala Prodi PBA Erni Zuliana, M.Pd.I. membuat statemen bahwa semua Dosen dan Mahasiswa PBA wajib berbicara Bahasa Arab di lingkungan kampus IAIM dan akan membuat program penguatan bahasa berupa catatan tentang aktivitas kemajuan berbahasa Arab bagi setiap mahasiswa. [CH]

Share

Leave a Reply

Top