You are here
Home > Berita > KARAKTERISTIK KEMANDIRIAN NU DI KOTA METRO

KARAKTERISTIK KEMANDIRIAN NU DI KOTA METRO

Oleh : Ismail, MM (Ketua PC LP Ma’arif Kota Metro)

PCNU Kota Metro Lampung mempunyai karakteristik yang sedikit berbeda dengan PCNU lainnya, perbedaan itu terletak terutama pada bidang pendidikan. PCNU Kota Metro secara full mempunyai satuan-satuan pendidikan dari pra sekolah sampai pendidikan tinggi yang diselenggarakan dan dimiliki oleh PCNU.

PCNU Kota Metro dalam mewujudkan kemandirian bukan diawali dari koin NU tetapi dengan skala prioritas bidang pendidikan, sehingga banyak menciptakan guru dan dosen. Para profesional di lembaga pendidikan inilah yang berhasil mengumpulkan uang hasil efisiensi pengelolaan satuan-satuan pendidikan hingga terkumpul Rp. 5.000.000.000,00 (lima milyar Rupiah) yang diikrarkan sebagai dana abadi NU Kota Metro.

Kemandirian organisasi juga harus diimbangi dengan perbaikan ekonomi warga. Dari perjalanan itulah maka pengurus dan warga yang punya komitmen terhadap NU Mendirikan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah yang SHU-nya, 20 % sebelum dibagi menjadi hak PCNU. Oleh karena itu di Metro gerakan koin dilakukan oleh pengurus masjid namanya Gismas (Gerakan Infak dan Sodaqoh Memakmurkan Masjid ) yang digagas Kyai Manan, LAZIS bertugas mengumpulkan Zakat, Infak dan Sodaqoh dari para Aghniya dan Profesional lalu ditasyarufkan untuk fakir miskin dan kaum dhuafa.

Sampai saat ini sudah membagikan 365 ekor kambing ke warga NU dan untuk beasiswa.

Sedangkan untuk membiayai kegiatan NU dengan mendirikan BMT sehingga pada tahun  2017 SHU untuk NU sejumlah  277 Jt.

Kemudian pada akhir 2017 NU Kota Metro membentuk Koperasi Nahdlatut Tujar, dengan aneka usaha di antaranya Franchise Indomaret dan Produksi Air Mineral Merk Waynu. Adapun SHU untuk NU sebesar 15 %, Kami juga punya dana abadi 5 M yang didepositokan pada Bank yang bagi hasilnya untuk operasional NU Metro, sehingga NU Metro mampu hidup tanpa APBD.

Share

Leave a Reply

Top