You are here
Home > Berita > PC LP Ma’arif NU Kota Metro: Membagun Sinergitas Program untuk Wujudkan Misi Keumatan

PC LP Ma’arif NU Kota Metro: Membagun Sinergitas Program untuk Wujudkan Misi Keumatan

Oleh : PC. Lakpesdam NU Kota Metro

 “Wahai pemuda putera bangsa yang cerdas pandai dan para guru yang mulia, mengapa kalian tidak mendirikan saja suatu badan ekonomi yang beroprasi, dimana setiap kota terdapat suaatu badan usaha yang otonom.” (Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari dalam deklarasi Nahdlatut Tujjar-1918)

Nahdlatul Ulama adalah “Jam’iyyah yang lurus, bersifat memperbaiki dan menyantuni”(Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari dalam Muqodimah Qonun Asasi didirikannya Nahdlatul Ulama 1926)

“Kekuatan NU ini ibarat meriam, betul-betul meriam. Tapi, digoncangkan hati mereka oleh propaganda luar yang menghasut seolah-olah senjata itu bukan meriam, tapi hanya gelugu…Pemimpin NU yang tolol itu tidak sadar akan siasat lawan dalam menjatuhkan NU melalui cara membuat pemimpin NU ragu-ragu akan kekutan sendiri!” (KH. Wahab Hasbullah-inisiator NU 1950).

Sebenarnya bicara kemandirian organisasi kemudian mensejahterakan umat, kemaslahatan umat ini bukan barang baru di Nahdlatul Ulama. Para muassis Nahdlatul Ulama seakan telah mengerti persis perjalanan kehidupan ini, hal itu dapat diketahui dari perjalan Nahdlatul Ulama itu sendiri, jika kita tilik pada 99 tahun yang lalu saat-saat terbentuknya sudah di awali dengan kebagkitan para saudagar  dengan terbentuknya Nahdlatul Tujar pada 1918, kemudian pada tahun 1939  tepatnya pada Muktamar Nahdlatul Ulama ke 13 di Magelagan menghasilkan rumusan Mabadi Khoiru Ummah, yang dilengkapi dengan Akidah Ekonomi Nahdlatul Ulama yang dicetuskan tahun 1984 pada Mutamar Nahdlatul Ulama ke 27 di Situbondo.

Tetapi memang butuh sebuah kerja keras dan ikhtiar nyata untuk menjawab itu, tentunya banyak hal yang harus diselesaikan, baik persoalan-persoalan yang muncul dari Ekstern maupun Intern Nahdlatul Ulama sendiri, belum lagi jika ditarik pada tataran Nahdlatul Ulama ditingkat diwilayah atau di daerah-daerah hingga level paling bawah, tidak dapat dipungkiri bahwa dari berbagai wilayah dan daerah tersebut memang mengandung berbagai situasi, kondisi sosial dan kultur warga Nahdlatul Ulama yang sangat berfariasi, namun subtansi dari rumusan-rumusan yang sudah ditanamkan oleh para Muassis Nahdlatul Ulama tentunya dapat di komunikasikan dan diterjemahkan dan bahkan menjadi dasar pijakan dalam menjalankan roda organisasi yang mulia ini “Nahdlatul Ulama”.

Disinilah percikan spirit Nahdlatut Tujar yang diramu dengan nilai-nilai Qonun Asasi dengan keyakinan bahwa Nahdlatul Ulama adalah organisasi yang dapat mensejahterakan umat, maka PCNU Kota Metro melalui Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kota Metro disamping menyelengarakan Pendidikan yang menjadi tugas utamanya juga merasa terpanggil untuk mewujudnya cita- cita para muassis Nahdlatul Ulama dengan membuat dan melaksanakn gerakan-gerakan  yang dapat terukur serta tepat sasaran, yang selaras dan sinergis dengan Visi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Metro yaitu “Terwujudnya tata kehidupan Masyarakat Kota Metro yang berkeadilan dan sejahtera atas dasar Ajaran Islam Ahlussunah Wal Jamaah An-Nahdliyah”.

Ini merupakan format gerakan yang tepat saat ini di Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Metro, sebagai wujud spirit Nahdlatut Tujar, Muqodimah Qonun Asasi, dan kredo perjuangan mbah Wahab Hasbulloh. PC LP Ma’arif menginisiasi berdirinya Lembaga Keuangan yaitu BMT Arha Buana Metro, dimana 20% dari keuntungan yang didapat diserahkan dan digunakan sepenuhnya sebagai sumber dana untuk pengembngan pendidikan dan gerakan Nahdlatul Ulama, melalui BMT ini juga dapat dilakukan pengupulan dana infaq dan Shodaqoh dari para nasabah yang bertransaksi di BMT Artha Buana Metro.

Disamping melalui BMT tersebut, PC LP Ma’arif NU Kota Metro juga melakukan trobosan kebijakan yang memang sudah berjalan kurang lebih dalam jangka 3 tahun terakhir dengan menjalankan program infaq bulanan secara sukarela yang diambil dari tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan LP Ma’arif NU Kota Metro mulai dari tingkat Roudlotul Athfal (RA), kemudian SMP/ MTs, SMA/ MA/ SMK sampai dengan Perguruan Tinggi (IAI Ma’arif NU Metro). Yang kemudian tindak lanjutnya, dari infaq tersebut diserahkan kepada Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh NU (LAZISNU) Kota Metro untuk dikelola dan ditasyarufkan untuk mewujudkan kesejahteraan warga nahdliyyin.

Dan alhamdulillah program tersebut terus berjalan hingga saat ini, dalam waktu yang dirasakan relatif singkat, namun terbukti dapat mensupport kegiatan PC LAZISNU Kota Metro seperti pengadaan Kambing Betina bergulir yang dimaksudkan sebagai modal usaha peternakan warga nahdiyin Kota Metro yang hingga saat ini mencapai 148 ekor kambing betina yang sudah digulirkan, jumlah yang lumayan bisa diharapkan perkembangannya, dan saat ini LAZISNU Kota Metro dapat mewujudkan pengadaan fasilitas pelayanan masyarakat pada bidang kesehatan berupa pengadaan 1 Unit Mobil Ambulance yang akan di lounchingkan tahun 2017 ini.

Bicara Sinergitas program, sebenarnya format program yang dilakukan oleh PC LP Ma’arif NU Kota Metro sudah tepat, melakukan penggalian dana melalui BMT, melalui civitas Pendidikan kemudian diserahkan kepada PC LAZISNU Kota Metro untuk ditasyarufkan. Disamping tetap konsisten pada mandat organisasi sebagai penyelenggara pendidikan di lingkungan Nahdlatul Ulama selalu melakukan peningkatan kualitas mutu dan pelayanan pada bidang pendidikan. Sehingga upaya mewujudkan Nahdlatul Ulama sebagai Jam’iyyah yang Memperbaiki dan Menyantuni dapat dilaksanakan.

Pada perkembangan berikutnya, selain program yang telah berjalan di atas, PC LP Ma’arif NU Kota Metro mencanangkan program terbarunya sebagaimana yang tertuang dalam surat edaran No: 214/PC/LPM-KM/SE/A.I/V/2017 yaitu “Gerakan Jum’at Seribu Barokah” yang diwujudkan dengan menggerakkan pembiasaan infaq dan sodaqoh bagi para peserta didik tingkat RA, SMP/ MTs, SMA/ MA/ SMK sampai dengan mahasiswa  Perguruan Tinggi (IAIMNU Metro Lampung) melakukan infaq Rp.1.000,- (seribu rupiah) yang ditangani langsung oleh Satuan Pendidikan dengan harapan dari program tersebut dapat lebih mesupport program-program Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Metro.

Hal tersebut bukanlah sebuah wacana, melihat gerakan yang telah terbukti diatas perlu keyakinan untuk kita dukung sebagai gerakan kemandirian organisasi yang dapat mensejahterakan ummat, dan perlu digaris bawahi bahwa langkah PC LP Ma’arif adalah bentuk/wujud kongkrit kepedulian yang nyata dan terukur serta  sinergi yang terintegrasi dengan gerakan-gerakan keumatan yang telah lama di impikan oleh para pendiri Jamiyyah ini, sehingga hasilnya dapat dirasakan.

Nahdlatul Ulama  punya banyak lembaga , lajnah dan Badan-badan otonomon, hal ini diadakan bukanlah hal yang kosong, akan tetapi sengaja diciptakan dalam rangka menjangkau dan mendistribusikan fungsinnya hingga pada lini manapun. Apa yang telah di gagas dan dijalankan oleh PC LP Ma’arif Kota metro ini harusnya menjadi acuan refrensi oleh para lembaga-lembaga, lajnah, badan otonom yang ada pada Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Metro dalam rangka membuat program-program kerja, sehingga di temukan sinergitas gerak kongrit, nyata dan komprehensif dalam rangka mensukseskan VISI & MISI Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Metro.

Share

Leave a Reply

Top